· Tutorial · Windows · Setting Komputer Hidup Otomatis (Auto Turn On)

Setting Komputer Hidup Otomatis (Auto Turn On)

Tiba-tiba listrik padam saat kita sedang menggunakan komputer pc dan saat listrik kembali nyala kita ingin menghidupkan kembali komputer pasti butuh pencet tombol [turn on] di pc tersebut. Nah, kali ini saya akan membagikan trik cara bagaimana agar komputer tersebut dapat menyala otomatis tanpa harus kita pencet tombol [turn on], apalagi kalau kita orangnya pemalas hehehe.

Pastikan dulu mainboard anda support fitur "Auto Restore on AC Loss", biasanya mainboard keluaran tahun 2006 keatas atau yang tidak terlalu jadul. Begini caranya:

  • masuk ke menu BIOS komputer anda; saat komputer pertama kali dihidupkan tekan tombol F1/F2 atau DEL, masing-masing mainboard berbeda tetapi kebanyakan tombol seperti yang disebutkan tadi untuk masuk ke menu BIOS.
  • cari menu POWER MANAGEMENT atau POWER SETTING, selanjutnya cari pilihan "Auto Restore on AC Loss" atau semacamnya, pilih On atau Enable
  • Save BIOS dan exit
  • Biarkan komputer booting normal sampai masuk Windows atau OS lain seperti biasa
  • Dalam keadaan komputer on standby di Windows atau OS lain, silakan dicoba putuskan aliran listrik (bukan pencet tombol di pc), kita simulasikan seperti listrik padam
  • Tunggu beberapa saat kira-kira 30 detik saja, kemudian tancapkan lagi aliran listrik yang diputus tadi, kalau komputer menyala otomatis tanpa kita harus pencet tombol Turn On di pc berarti setingan bios tadi berhasil, catatan: setingan ini tidak berlaku bila kita mematikan komputer melalui proses standar (shutdown di windows), dan pastikan baterai bios mainboard anda masih bagus, karena kalau baterai bios sudah lemah setingan berubah ke default, jadi silahkan ganti dulu baterai bios dengan yang baru.

Menghidupkan komputer secara otomatis juga dapat dilakukan dengan cara prosedur terjadwal [schedule], yaitu komputer akan hidup secara otomatis sesuai waktu yang kita tetapkan [by alarm]. Caranya adalah sebagai berikut:

  • masuk ke menu bios seperti cara pertama yang telah dijelaskan diatas
  • dalam menu POWER MANAGEMENT atau POWER SETTING, carilah pilihan "Wake Up by Alarm" atau semacamnya yang menampilkan pilihan waktu [jam:menit:detik] untuk Auto Turn On, silakan setting waktu yang dikehendaki
  • untuk mencobanya terlebih dulu, setting waktu yang dikehendaki tadi kira-kira 10 menit kedepan
  • save bios and exit
  • booting normal komputer seperti biasa dan setelah masuk windows atau os lain, silakan shutdown komputer seperti biasa dan jangan putuskan aliran listrik dari PLN
  • tunggu saja beberapa saat dan apabila komputer menyala otomatis seperti waktu yang telah di-setting dalam bios, berarti settingan berhasil.

Demikian cara setting komputer nyala otomatis. Selamat mencoba.

posted on 20/08/2016 - 13:03 WIB - 29.732 Views


Comments


joni - 01/05/2017 - 18:09 WIB

terima kasih mas, artikelnya bermanfaat.


antok - 27/03/2017 - 13:15 WIB

terima kasih mas artikelnya, siap dicoba :)


Write a comment

* = required field / wajib diisi

4 + 4 =



Next Project

membangun website sekolah SMA BOPKRI Banguntapan smabobayo.sch.id
...[ON PROGRESS]
our clients

Twitter Feeds